Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 TANAMAN HERBAL OBAT KELUARGA DAN MANFAATNYA


4 TANAMAN HERBAL OBAT KELUARGA DAN MANFAATNYA


Tanaman Obat atau Tanaman Herbal sangat berperan penting dalam pengobatan tradisional. Selain pengobatan modern, pengobatan secara tradisional juga menjadi salah satu pilihan dalam upaya memperoleh kesehatan. Tanaman obat sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, dan sampai sekarang tanaman obat masih menjadi salah satu alternatif bagi seluruh kalangan masyarakat. Tidak hanya murah, tanaman obat mudah di dapatkan di lingkungan sekitar halaman rumah kita.

Dari sekian banyak tanaman obat, terdapat 4 jenis tanaman obat yang beredar di sekitar lingkungan kita dan pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 4 jenis tanaman obat.

  • Lengkuas

Lengkuas sebagai anti mikroba dan anti jamur, dan pastinya memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu, mengobati panu dan kutu air. Bagian yang di gunakan dari tanaman ini adalah rimpangnya. Rimpang ini mengandung minyak atsiri ±1% yang terdiri dari komponen utama kamfer, sineol, dan asam metal sinamat.
  • Jeruk nipis

Buah ini sangat berkhasiat sebagai obat batuk, penurun demam, dan pegal-pegal. Jeruk nipis mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonene, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali lasetat, aktilaldehid, annildehid), glikosida, asam sitrun, fosfor, kalsium, lemak, zat besi, beleerang, vitamin B1 dan C.
  • Seledri

Bagian tanaman yang digunakan dalam pengobatan yaitu daun dan herbanya. Daun seledri bermanfaat untuk memperlancar dalam buang air kecil, sedangkan herba dapat menurunkan tekanan darah. Namun senyawa firanokumarin dalam herba seledri dapat memicu terjadinya reaksi alergi di dalam tubuh. Selain itu biji seledri juga dapat memengaruhi siklus menstruasi, yang berarti minyak biji selederi ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita.
  • Daun sereh

Daun dan akar sereh bermanfaat untuk menghangatkan badan, dan obat kumur. Daun sereh mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Selain itu, minyak pada daun dan akar sereh dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti Staphylococcus aureus, Streptococcus hemolitic, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, Bacilus subtilis, Salmonella typhimurium, Apergillus niger dan Candida albicans.
Keempat tanaman obat ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita, jika tidak ada di sekitar tempat kita tinggal kita pun bisa membelinya dengan harga yang murah. Yang terpenting bahwa tanaman obat ini memiliki khasiat atau manfaat yang penting bagi kesehatan.



"Sekian dari saya, dan semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua"