Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Kebersihan Lingkungan Bagi Kesehatan

Kesehatan Lingkungan adalah suatu tempat, lokasi, atau kondisi yang mempunyai status kesehatan lingkungan yang baik, bersih, dan sehat, yang meliputi komponen hidup atau hidup (biotik) dan komponen mati (abiotik). Yang dimaksud dengan komponen biotik adalah makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, serta mikroorganisme (bakteri & virus) yang tidak dapat dilihat oleh mata secara langsung, serta yang dimaksud dengan abiotik yaitu; tanah, udara, air, sinar matahari, dan getaran/suara.

Pentingnya Kebersihan Lingkungan Bagi Kesehatan

Kita semua pastinya ingin hidup di lingkungan yang bersih atau memiliki status kesehatan lingkungan yang baik, agar kita selalu merasa nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas. Satu hal yang harus kita ingat bahwa tidak semua komponen dalam suatu lingkungan dapat membuat kita merasa nyaman dan aman untuk kesehatan, salah satunya adalah komponen biotik (bakteri & virus). Kedua mikroorganisme ini memiliki jenis yang sangat banyak dan jika masuk ke dalam tubuh manusia dapat menimbulkan penyakit sehingga segala aktivitas terganggu dan tidak berjalan dengan baik.

Bakteri dan virus merupakan mikroorganisme yang sangat berbahaya dan selalu berada pada lingkungan yang tidak dijaga kebersihannya, hal ini dapat menyebabkan penurunan derajat kesehatan lingkungan. Selain itu, kita juga sering mengalami penyakit yang juga disebabkan oleh bakteri dan virus yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, kita harus berusaha atau melakukan tindakan preventif kesehatan bagi lingkungan sekitar kita, baik itu di rumah, di tempat kerja, tempat kita bersekolah/belajar, agar terhindar dari mikroorganisme berbahaya untuk menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan lingkungan sekitar. kami. Di bawah ini adalah beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan.

Tindakan Pencegahan

  1. Membuat ventilasi yang cukup dan selalu membuka jendela rumah, dan juga pintu rumah kita, agar sinar matahari dapat masuk dan membunuh mikroorganisme yang masih mengambang di udara.
  2. Buka jendela rumah dan pintu rumah setiap hari agar transfusi udara dari dalam rumah ke luar rumah dapat berjalan dengan lancar dan mikroorganisme yang masih mengambang di udara dapat keluar dari rumah.
  3. Selalu gunakan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.
  4. Mengonsumsi air minum yang telah dimasak pada suhu ±100°C.
  5. Memberikan antiseptik pada bak berisi air yang akan digunakan untuk mandi.
  6. Gunakan juga bubuk abate untuk membunuh jentik nyamuk. Gunakan di sumur atau di bak mandi, dan jangan gunakan abate di wadah air yang kita gunakan untuk minum.
  7. Selalu bersihkan dan rapikan rumah.
  8. Buanglah sampah pada tempatnya.
  9. Gunakan jamban yang sehat.
  10. Bakarlah sampah-sampah yang berserakan di sekitar rumah, baik organik maupun non-organik, kecuali sampah yang bahannya kaca atau kaleng karena dapat meledak dan sangat berbahaya jika mengenai orang sekitar.
  11. Tidak merokok di dalam rumah atau di lingkungan sekitar rumah.
  12. Selalu jaga kebersihan diri, karena mikroorganisme berbahaya juga dapat menempel di seluruh tubuh.

Lingkungan yang bersih adalah suatu keadaan yang dapat membuat kita merasa nyaman dan bebas dari mikroorganisme (bakteri dan virus), sehingga berdampak sangat positif terhadap derajat kesehatan tubuh manusia dan juga menjaga derajat kesehatan lingkungan yang baik. Kita harus selalu melakukan tindakan preventif yang menjaga kebersihan lingkungan, agar kita semua terhindar dari serangan penyakit yang berdampak negatif terhadap derajat kesehatan, dan derajat kesehatan lingkungan tetap terjaga dan selalu meningkat.