Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria yang Harus Anda Ketahui

Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria yang Harus Anda Ketahui

Sistem reproduksi pada pria merupakan salah satu organ tubuh terpenting bagi tubuh pria, sehingga sangatlah penting bagi seluruh pria untuk selalu menjaga kesehatan alat reproduksinya. Tetapi masih banyak pria yang mengabaikan hal ini, dan jika kebersihan alat reproduksi tidak dijaga dengan baik maka akibatnya akan mendatangkan berbagai penyakit infeksi yang akan sangat berbahaya bagi kesehatan reproduksi pria.

Menjaga kesehatan reproduksi sangatlah penting untuk pria, guna menjaga kesehatan organ reproduksinya. Oleh sebab itu, perlu adanya kesadaran yang lebih dari setiap pria untuk selalu memperhatikan kebersihan diri (personal hygiene) sebagai upaya untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pria agar status kesehatan organ reproduksi selalu terjaga dan meningkat.

Terdapat beberapa faktor penyebab yang bisa mempengaruhi atau menurunkan status kesehatan reproduksi pria, seperti; perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang kurang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan pakaian atau celana dalam yang ketat, dan melakukan hubungan seks secara bebas. Berikut dibawah ini merupakan tindakan pencegahan (preventif) yang harus anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tindakan Pencegahan untuk Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria

Berikut merupakan upaya-upaya kesehatan untuk mencegah penurunan status kesehatan reproduksi pria agar terhindar dari berbagai macam masalah-masalah kesehatan yang akan menyerang sistem reproduksi pria.

1. Tidak Merokok

Tindakan Preventif yang pertama untuk menjaga kesehatan reproduksi pria yaitu; Tidak Merokok.

Merokok dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma dan penurunan kesuburan pada sistem reproduksi pria. Hal ini disebabkan karena rokok memiliki kandungan zat kimia yang sangat berbahaya seperti; nikotin, kadmium, dan timah. Hal ini dapat menyebabkan status kesehatan atau kesuburan pada pria menjadi menurun, dan jika tidak segera dicegah bisa mengakibatkan kemandulan. Oleh sebab itu, hindari dan berhentilah merokok guna menjaga status kesehatan reproduksi bagi anda yang sampai saat ini masih merokok atau seorang perokok aktif.

2. Menjaga Berat Badan

Tindakan Preventif yang kedua untuk menjaga kesehatan reproduksi pria yaitu; Menjaga Berat Badan.

Berat badan juga dapat menyebabkan masalah pada sistem reproduksi, atau menurunnya kesuburan pada pria. Berat badan yang sangat rendah diakibatkan karena kurangnya asupan makanan sehat dan bergizi. Zat-zat gizi atau nutrisi yang kurang didalam tubuh akan mengakibatkan penurunan kualitas sperma. Oleh sebab itu, terapkanlah pola makan yang sehat dan bergizi karena dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan reproduksi atau meningkatnya kualitas sperma pada pria.

3. Tidak Menggunakan Celana Dalam yang Ketat

Tindakan Preventif yang ketiga untuk menjaga kesehatan reproduksi pria yaitu; Tidak Menggunakan Celana Dalam yang Ketat.

Penggunaan celana dalam yang ketat, juga akan menurunkan status kesehatan reproduksi pria. Penggunaan celana dalam yang ketat dapat menyebabkan saraf-saraf pada alat reproduksi pria menjadi terjepit atau selalu tertekan, dan hal ini bisa menyebabkan rusaknya saraf-saraf tersebut, sehingga sangatlah berbahaya apabila tidak segera dicegah. Rusaknya saraf-saraf pada alat reproduksi pria, bisa menyebabkan rusaknya fungsi pada sistem reproduksi pria dalam hal kesuburan.

4. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Tindakan Preventif yang keempat untuk menjaga kesehatan reproduksi pria yaitu; Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pola hidup bersih dan sehat merupakan suatu upaya yang bisa mencegah masalah-masalah kesehatan secara umum, terlebih khusus masalah kesehatan terhadap sistem reproduksi pria. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sering kali menjadi suatu tindakan yang diabaikan, padahal penerapan PHBS ini merupakan suatu tindakan pencegahan (preventif) yang sangat mendasar bagi peningkatan derajat kesehatan di masyarakat secara umum. Penerapan PHBS sangatlah bisa untuk mencegah sebuah masalah kesehatan seperti; masalah kesehatan terhadap organ reproduksi pria. Oleh karena itu, penerapan pola hidup sehat dan bersih harus selalu direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari, yang berguna sebagai upaya preventif untuk kesehatan yang akan mencegah seluruh masalah-masalah kesehatan pada umumnya.

Dari edukasi kesehatan yang telah kita baca dengan seksama, telah memberitahukan anda bahwasannya, betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh terlebih khusus menjaga kesehatan reproduksi pria. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, merupakan upaya pencegahan (preventif) terhadap permasalahan kesehatan umumnya. Sistem reproduksi pria merupakan bagian tubuh yang mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh pria khususnya, dan seharusnya kesehatan reproduksi pada pria harus selalu dijaga, dengan menerapkan tindakan-tindakan pencegahan, yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan status kesehatan pada pria.