Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Merokok Terhadap Status Kesehatan Tubuh

Apakah Merokok Merugikan Kesehatan? Jawabannya adalah: Iya, kebiasaan merokok mempunyai dampak yang buruk bagi status kesehatan. Rokok adalah daun tembakau yang di linting atau di gulung dengan kertas. Didalam 1 batang rokok memiliki sekitar 7000 zat kimia, 60 zat kimia diantaranya dapat menyebabkan kanker.

Bahaya merokok terhadap status kesehatan tubuh merupakan suatu hal mutlak dan sangat mengancam kesehatan tubuh seorang perokok aktif. Oleh sebab itu, perlu adanya kesadaran lebih terhadap bahaya dari merokok yang bisa mengakibatkan terserang berbagai macam penyakit yang akan mempengaruhi status kesehatan seorang perokok aktif.

Bahaya Merokok Terhadap Status Kesehatan Tubuh

Zat-Zat Kimia Berbahaya Pada Rokok

Nikotin, Tar, Karbon Monoksida, dan Hidrogen Sianida juga merupakan zat-zat kimia yang umunya terdapat didalam rokok, dan keempat komponen ini memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Nikotin

Nikotin akan membuat siapapun yang merokok akan menjadi ketagihan atau kecanduan, sehingga sangatlah sulit untuk seorang perokok aktif berubah menjadi pasif.

  • Tar

Tar merupakan sebuah nama yang diberikan kepada zat-zat yang dapat menyebabkan kanker, contohnya; Zat Carcinogen. Apakah kalian pernah melihat perokok aktif yang giginya berwarna kuning? Iya, Tar akan mengubah warna gigi menjadi warna kuning, dan hal ini juga akan terjadi terhadap paru-paru seorang perokok aktif.

  • Karbon Monoksida

Gas ini sangat berbahaya ketika masuk kedalam tubuh, karena dapat menggantikan peran oksigen untuk membawa hemoglobin ke seluruh tubuh. Apabila Karbon Monoksida ini berhasil mengikat hemoglobin, maka darah didalam tubuh akan menjadi lebih kental dan mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh dan organ-organ tubuh seperti otak dan paru-paru menjadi sangat kurang.

  • Hidrogen Sianida

Hidrogen Sianida akan menghalangi fungsi Silia (rambut-rambut halus) yang akan membuang zat-zat asing yang berbahaya ketika memasuki saluran pernafasan. Jika Hidrogen Sianida berhasil menghalangi fungsi silia, akibatnya adalah semua zat-zat kimia berbahay akan memasuki paru-paru dan akan memperburuk kesehatan paru-paru.

Secara Umum, Merokok Juga Dapat Memberikan Dampak Buruk Bagi Kesehatan, yaitu:

  • Sistem Kekebalan Tubuh Menurun (imunitas).
  • Anemia .
  • Tekanan Darah Menjadi Tinggi.
  • Keguguran Saat Kehamilan.
  • Kanker Tenggorokan.
  • Kanker Paru-Paru.
  • Jenis Kanker Lainnya.
  • Dan Menyebabkan Kematian.
Untuk saat ini rokok juga merupakan bagian dari gaya hidup (lifestyle) pada masyarakat, kebiasaan merokok akibat kecanduan membuat perokok aktif secara langsung telah membahayakan tubuhnya. Jadi, sudah sangatlah jelas bahwa merokok sangatlah berbahaya bagi tubuh dan seluruh organ-organ tubuh, yang pastinya akan berdampak buruk terhadap status kesehatan. Oleh sebab itu, hindari rokok atau berhentilah merokok, dan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk melindungi dan menjaga tubuh agar selalu normal dan sehat, serta selalu produktif setiap hari dengan kondisi tubuh yang sehat dan selalu bugar.