Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebutkan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Remaja Wanita dan Pria

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Remaja Wanita dan Pria

Kesehatan Reproduksi Remaja adalah suatu bagian tubuh terpenting yang memiliki kondisi normal dan sehat yang berkaitan dengan fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Seperti yang di ketahui bahwa remaja merupakan salah satu kelompok umur yang sangat aktif dan ber-energi dengan selalu melakukan aktivitas fisik. Namun hal ini harus di imbangi dengan pola hidup yang sehat, dengan selalu membersihkan tubuh setelah beraktivitas. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan upaya pencegahan atau cara menjaga kesehatan reproduksi remaja wanita dan remaja pria.
  1. Tidak melakukan seks bebas, dampak buruk dari melakukan seks bebas yaitu terserang berbagai macam penyakit pada alat reproduksi, cotohnya: Sifilis dan Penyakit Infeksi Menular Seksual lainnya.
  2. Menjaga kebersihan diri (Personal Hygiene) dengan selalu membersihkan seluruh tubuh sehabis melakukan aktivitas fisik, seperti mencuci tangan, mandi, dll.
  3. Menjaga kebersihan pakaian (khususnya celana bagian dalam) dan sangat dianjurkan untuk selalu mengganti pakaian dalam 1 hari sekali, dan bisa kurang dari sehari apabila aktivitas yang dilakukan sangat tinggi.
  4. Hindari memakai celana bagian dalam yang ketat atau sempit agar alat reproduksi terhindar dari kelembapan. Apabila sering terjadi kelembapan, mikroorganisme berbahaya seperti bakteri atau kuman akan lebih mudah bertumbuh dan berkembang.
  5. Selalu membersihkan alat reproduksi setelah buang air kecil dan air besar.
  6. Mengatur pola makan yang sehat dan bergizi dan hindari makanan yang pedas.
  7. Khusus Wanita harus menggunakan pembalut yang lembut dan nyaman agar tidak terjadi iritasi, serta mengganti pembalut dengan rutin.
Sebagai remaja, sangatlah penting untuk mengetahui tentang kesehatan reproduksi dan cara menjaganya, dan juga jangan lupa hal pertama yang di perhatikan yaitu; selalu memeriksa kesehatan reproduksi pada diri sendiri, apabila terdapat iritasi, benjolan atau terdapat kelainan yang tidak biasa segeralah mengunjungi dokter untuk ber-konsultasi dan melakukan pengobatan agar tidak semakin parah, sehingga alat reproduksi kembali sehat dan normal.