Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PENGERTIAN GIZI SEIMBANG

PENGERTIAN GIZI SEIMBANG



Pola makan merupakan perilaku paling penting yang dapat memengaruhi keadaan gizi. Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas makanan serta minuman yang di konsumsi akan memengaruhi asupan gizi, sehingga akan memengaruhi kesehatan suatu individu dan semua orang. Gizi yang optimal sangatlah penting untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan bayi, anak-anak, serta seluruh kelompok umur. Gizi baik membuat berat badan menjadi normal atau sehat, tubuh tidak mudah terkena penyakit infeksi, produktivitas kerja meningkat serta terlindung dari penyakit kronis dan kematian dini. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis dan kematian dini. Jadi, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit kronis atau penyakit tidak menular terkait gizi, maka pola makan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi gizi seimbang. Karena status gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat.

Riskesda tahun 2007, 2010, dan 2013 menunjukkan bahwa indonesia masih memiliki masalah kekurangan gizi. Kecenderungan prevalensi kurus (wasting) anak balita dari 13,6% menjadi 13,3% dan menurun 12,1%. Sedangkan kecenderungan prevalensi anak balita pendek (stunting) sebesar 36,8%, 35,6%, 37,2%. Prevalensi gizi kurang (underweight) berturut-berturut 18,4%, 17,9%, dan 19,6%. Prevalensi kurus anak sekolah sampai remaja berdasarkan Riskesda 2010 sebesar 28,5%.

Pengaruh kekurangan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan yaitu sejak janin sampai anak berumur 2 tahun. Tidak hanya pada perkembangan fisik, tetapi juga terhadap perkembangan kognitif yang pada gilirannya berpengaruh terhadap kecerdasan dan kemampuan berpikir serta terhadap produktivitas kerja. Kekurangan gizi pada masa ini juga di kaitkan dengan risiko terjadinya penyakit kronis pada usia dewasa, yaitu obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, hipertensi, stroke dan diabetes.

Pencegahan untuk masalah gizi tersebut, memerlukan kegiatan sosialisasi pedoman Gizi Seimbang yang bisa dijadikan sebagai panduan pola makan, aktifitas fisik, hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal. Dalam upaya agar mengoptimalkan penyampaian pesan Gizi Seimbang kepada Masyarakat, diperlukan komunikasi, informasi dan edukasi yang tepat dan berbasis masyarakat.
 

PENGERTIAN

  • Gizi Seimbang
Susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup berish dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal agar mencegah dan terhindar dari masalah gizi.
  •  Pangan
Adalah sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, dan pengolahan makanan.
  • Keanekaragaman Pangan
Adalah anekaragam kelompok pangan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan air, serta beranekaragam dalam setiap kelompok pangan.



 "Sekian Dari Saya, Dan Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Kita Semua"