Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

GIZI SEIMBANG UNTUK KESEHATAN IBU MENYUSUI

GIZI SEIMBANG UNTUK KESEHATAN IBU MENYUSUI


Gizi Seimbang untuk ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan bagi dirinya untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi atau anaknya. Dengan demikian maka kebutuhan zat gizi ibu menyusui lebih banyak dari kebutuhan zat gizi ibu yang tidak menyusui. Konsumsi pangannya tetap harus beranekaragam dan seimbang dalam jumlah dan proporsinya. Selama menyusui, ibu harus menambah jumlah dan jenis makanan yang di konsumsi untuk mencukupi kebutuhan ibu sendiri dan kebutuhan untuk memproduksi ASI. Bila makanan ibu sehari-hari tidak cukup mengandung zat gizi yang dibutuhkan, misalnya sel lemak sebagai sumber energi dan zat besi sebagai zat untuk pembentukkan sel darah merah, maka kebutuhan zat-zat tersebut dalam produksi ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi akan di ambil dari persediaan didalam tubuh ibu.

Berbeda dengan sel lemak dan zat besi, kebutuhan bayi akan vitamin B dan vitamin C yang dipenuhi melalui produksi ASI tidak dapat diambil dari persediaan yang ada dalam tubuh ibu, melainkan harus dipenuhi dari konsumsi pangan Ibu setiap hari.

Jadi, konsumsi pangan sehat yang bergizi, beranekaragam, dan proporsinya merupakan faktor yang memengaruhi status kesehatan ibu dan bayi serta produksi ASI pada ibu. Hal ini sangatlah penting dan harus diperhatikan oleh seorang ibu, karena asupan makanan yang baik dan bergizi akan sangat membantu pertumbuhan maupun perkembangan bayi dan ibu dan menjaga atau meningkatkan status kesehatan.



"Sekian Dari Saya, Dan Semoga Informasi ini Bermanfaat Untuk kita Semua"