Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

GIZI SEIMBANG UNTUK KESEHATAN IBU HAMIL DAN JANIN

GIZI SEIMBANG UNTUK KESEHATAN IBU HAMIL DAN JANIN


Ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan keadaan pada saat tidak hamil. Hal ini disebabkan karena zat gizi di butuhkan oleh ibu dan janinnya. Janin memperoleh kehidupan dan bertumbuh karena mengambil zat-zat gizi dari makanan yang di konsumsi oleh ibu dan dari simpanan zat-zat gizi didalam tubuh ibu. Selama masa kehamilan, seorang ibu harus menambah jumlah asupannya dan menambah jenis-jenis makanan yang di konsumsi untuk mencukupi kebutuhan ibu hamil dalam memproduksi ASI, ibu yang sedang mengandung, dan pertumbuhan serta perkembangan janin.

Oleh karena itu, Gizi Seimbang untuk ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi untuk dirinya, dan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Prinsip pertama Gizi Seimbang yaitu mengonsumsi anekaragam pangan dengan seimbang dan selalu diterapkan setiap hari.

Jika asupan gizi pada ibu hamil tidak tercukupi, seperti sel lemak ibu sebagai sumber kalori; zat besi dari simpanan di dalam tubuh ibu sebagai sumber zat besi janin (bayi didalam tubuh), maka janin akan mengambil persedian yang ada didalam tubuh ibunya. Demikian juga beberapa zat gizi tertentu yang tidak di simpan di dalam tubuh seperti Vitamin C dan Vitamin B yang banyak bersumber dari buah-buahan dan sayuran.

Sehubung dengan hal tersebut yang di jelaskan, bahwa ibu harus memiliki status gizi yang baik didalam tubuhnya, dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan za-zat gizi, mengonsumi anekaragam pangan yang sehat, baik proporsi maupun jumlahnya. Pangan merupakan hal yang harus selalu di perhatikan guna menjaga kesehatan ibu dan juga untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, sehingga kesehatan ibu dan janin/bayi tetap terjaga dari masa kehamilan sampai dengan pasca kehamilan.



"Sekian Dari Saya, Dan Semoga Informasi ini Bermanfaat Untuk kita Semua"