Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak-Anak Dan Remaja Bisa Terinfeksi Covid-19

Anak-Anak Dan Remaja Bisa Terinfeksi Covid-19

Menurut World Health Organization (WHO), hasil penelitian menunjukkan bahwa selain orang dewasa dan lanjut usia, anak-anak dan remaja juga bisa terinfeksi virus ini. Peluang terinfeksi untuk anak-anak dan remaja memang sangatlah kecil dibandingkan dengan kelompok usia yang lebih tua. Namun, anak-anak maupun orang dewasa harus tetap mengikuti anjuran yang sama untuk di karantinakan apabila menunjukkan gejala-gejala yang diakibat karena terinfeksi virus.

Selain itu, ada satu hal yang harus di perhatikan oleh orang tua, yaitu kesehatan mental anak-anak dan remaja. Sebagai orang yang lebih tua, kita harus lebih bijak dalam menghadapi situasi saat ini, melindungi anak-anak maupun remaja merupakan prioritas setiap keluarga. Anak-anak akan dengan mudahnya merasa cemas dan stres ketika memasuki situasi saat ini, dimana sebelumnya mereka harus selalu bermain di luar bersama dengan teman-teman, bergembira dan berinteraksi dengan banyak orang, namun karena situasi yang baru saja mereka alami sehingga membuat anak-anak maupun remaja bisa mengalami gangguan secara psikologis.

Stres yang berlebihan akan membuat sistem kekebalan tubuh manusia menurun atau melemah sehingga akan menyebabkan sakit. Oleh karena itu, selain menjaga anak-anak dari ancaman coronavirus (COVID-19), juga harus menjaga kesehatan psikologis anak-anak dan remaja ketika mereka harus berdiam diri dirumah dalam waktu yang cukup lama yang juga sebagai salah satu tindakan pencegahan dengan menjauhi kerumunan atau yang disebut (social distancing).

Lalu, apa yang harus di lakukan oleh orang tua kepada anak-anak dan remaja?

  • Memberikan pengertian atau pemahaman yang baik tentang covid-19 ini.
  • Memberi pengetahuan tentang cara mencegah penularan virus, seperti mencuci tangan, menjaga kebersihan diri dan lain-lain.
  • Menghibur anak-anak dan remaja selama di rumah, seperti mengajak bermain, nonton tv bersama, dan mengajak bercerita tentang hal-hal yang memacu semangat mereka.

Jadi, hal ini harus di perhatikan dan selalu dilakukan agar mental atau psikologis anak dan remaja tetap normal dan sehat, sehingga tidak terjadi stres dan cemas yang berlebihan yang akan berdampak negatif bagi kesehatan. Sangatlah penting untuk mejaga diri kita sendiri, namun menjaga keluarga kita adalah suatu hal yang harus lebih diperhatikan.