Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

VITAMIN C MEMBANTU TUBUH MELAWAN PANDEMI COVID-19

Saat ini dunia sedang goyah karena pandemi COVID-19 yang telah menyerang banyak orang sampai dengan sekarang. Seluruh negara didunia berusaha dengan berbagai cara untuk melawan pandemi ini, terlebih khusus di Indonesia dengan berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Daerah disetiap Provinsi. Banyak upaya atau tindakan pencegahan agar mata rantai pandemi COVID-19 ini putus dan hilang, seperti melakukan lockdown akses transportasi laut dan udara antar negara maupun antar daerah-daerah di Indonesia agar menghambat pandemi COVID-19 yang sudah cukup meluas di Indonesia, dan juga banyak upaya lain terkait tindakan preventif (pencegahan) yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
Update Covid-19 di Dunia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Update Covid-19 di Dunia 19 April: 2,3 Juta Kasus, 595.467 Sembuh, 160.434 Meninggal", https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/19/071600465/update-covid-19-di-dunia-19-april--2-3-juta-kasus-595.467-sembuh-160.434.
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Rizal Setyo Nugroho
Update Covid-19 di Dunia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Update Covid-19 di Dunia 19 April: 2,3 Juta Kasus, 595.467 Sembuh, 160.434 Meninggal", https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/19/071600465/update-covid-19-di-dunia-19-april--2-3-juta-kasus-595.467-sembuh-160.434.
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Rizal Setyo Nugroho

VITAMIN C MEMBANTU TUBUH MELAWAN PANDEMI COVID-19

Kesadaran bahwa betapa berbahayanya dampak dari pandemi ini, oleh karena itu kita semua harus mematuhi anjuran pemerintah terkait tindakan preventif (pencegahan) contohnya yaitu melakukan Social Ditancing dan menerapkan Pola Hidup Sehat agar kita semua terhindar dari pandemi COVID-19 ini. Namun dari semua tindakan pecegahan ini, ada salah satu tindakan pencegahan yang juga harus kita perhatikan yaitu dengan mengatur pola makan yang sehat dan mengandung vitamin C. Penulis menyebut ini (pencegahan dari dalam) yang artinya bahwa manusia memiliki imunitas tubuh (sistem kekebalan tubuh) yang harus dijaga agar sistem imun tubuh ini bisa melawan segala mikroorganisme jahat yang masuk kedalam tubuh seperti virus COVID-19 yang saat ini telah menyerang seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Hubungan vitamin C dengan pencegahan terhadap pandemi COVID-19

Vitamin C merupakan salah satu zat gizi mikro yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dan mempunyai banyak manfaat kesehatan salah satunya yaitu untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Peran vitamin C yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh, antioksidan ini berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas didalam tubuh sehingga sel darah putih (imunitas tubuh) ini terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Salah satu jenis makanan yang memenuhi kebutuhan vitamin C yaitu jeruk, jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C dan sangat membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang akan sangat bermanfaat bagi daya tahan imunitas tubuh manusia. Selain itu, buah-buahan seperti pepaya, mangga, dan nanas juga mengandung vitamin C, serta sayur-sayuran seperti kangkung, paprika hijau, dan bunga kol yang juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi didalam tubuh.

Jadi, peran vitamin C sangatlah penting bagi sistem kekebalan tubuh manusia dan sangat membantu untuk pencegahan dari dalam tubuh, dan virus yang masuk kedalam tubuh akan segera dimusnahkan oleh imun tubuh yang kuat sehingga kita tidak terpapar penyakit yang disebabkan oleh virus, khususnya COVID-19.

Saran Penulis, selain menerapkan Social Distancing (menjauhi kerumunan), tetap dirumah, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk pencegahan secara eksternal (dari luar), kita jagu harus mengatur pola makan yang sehat seperti rajin mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan Vitamin C untuk tindakan pencegahan (preventif) secara internal (dari dalam tubuh). Selain itu keluarlah seperlunya saja, seperti mencari bahan pangan atau makanan, menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker, sarung tangan, kacamata, dan yang paling terpenting yaitu selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita selalu dijauhi dari hal-hal yang tidak di inginkan.




"Sekian Dari Penulis, Dan Semoga Informasi Kesehatan ini Bermanfaat"