Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA PENULARAN VIRUS CORONA DAN PENCEGAHAN-NYA



CARA PENULARAN VIRUS CORONA DAN PENCEGAHAN-NYA

Corona Virus (Covid-19) adalah salah satu virus berbahaya yang tergolong dalam  kelompok "mikroorganisme" karena ukuran virus ini sangatlah kecil. Virus ini menyerang saluran pernafasan dan dapat menyerang mahluk hidup seperti, hewan dan manusia. Virus ini pertama kali muncul di China, tepatnya Kota Wuhan pada bulan Desember 2019 lalu. saat ini pandemi covid-19 sudah meluas hampir diseluruh dunia, dan mengakibatkan ratusan ribu kematian untuk seluruh dunia. Sampai saat ini pandemi coronavirus masih terjadi, karena penularan coronavirus begitu cepat sehingga untuk memutuskan rantai penyebaran sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.
Baca juga: Menjaga kesehatan dengan menerapkan phbs

CARA PENULARAN CORONAVIRUS (COVID-19)

  • Kontak Fisik

Manusia adalah mahluk sosial yang hidup saling membutuhan satu dengan yang lain. Hampir semua orang didunia, khususnya di Indonesia memiliki kebiasaan berinteraksi kepada banyak orang dengan berbagai metode seperti, berjabat tangan, berpelukan, dll. Kontak fisik seperti ini merupakan metode yang digunakana coronavirus untuk menular ke manusia. Oleh karena itu pada situasi saat ini, kita hilangkan sementara kebiasaan-kebiasaan kontak fisik dengan orang lain sebagai salah satu tindakan pencegahan.
  • Droplet (air liur)

Kita semua pastinya selalu berkomunikasi jarak dekat dengan banyak orang yang dilakukan setiap hari baik di dalam keluarga maupun orang lain. Di situasi saat ini kita tidak lagi bisa berkomunikasi dengan banyak orang, karena kita harus menerapkan anjuran Pemerintah dengan menerapkan “Social Distancing” sebagai salah satu tindakan pencegahan. Maksud dari penularan melalui droplet yaitu, ketika kita berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain secara langsung dan jarak yang begitu dekat, pastinya dengan tidak sengaja percikan-percikan droplet lawan bicara kita terhempas dari dalam mulut keluar dan mengenai tubuh kita secara langsung, bisa menempel pada baju kita, menempel serta masuk kedalam mulut kita, masuk ke mata, dan bahkan bisa langsung dihirup oleh hidung dan langsung memasuki saluran pernafasan sehingga kita bisa langsung terkena batuk pilek atau flue. Kita tidak pernah tahu siapa saja sudah tertular corona virus, oleh sebab itu dalam situasi saat ini jangan berkomunikasi jarak dekat dengan sembarang orang.
  • Benda

Salah metode penyebaran coronavirus yaitu melalui benda, contohnya uang. Uang merupakan salah satu alat yang digunakan manusia sebagai sebuah metode pertukaran untuk suatu hal yang dibutuhkan. Virus yang menempel pada uang berasal dari orang-orang yang sudah tertular coronavirus tersebut, sehingga tanpa kita ketahui kita suda memegang uang yang telah tertempel oleh virus. Uang bisa kita dapatkan darimana saja, entah itu dari keluarga, dari kembalian di kios, dari pasar, dari hasil penjualan secara langsung, dari orang lain, dll.
  •  Angin

Angin dapat menerbangkan virus dari satu lokasi ke lokasi lain atau dari satu orang ke orang lain. Contohnya, ada seseorang yang sudah terpapar virus kemudian orang tersebut batuk dan bersin yang pastinya akan mengeluarkan percikan droplet yang sudah bercampur dengan coronavirus ini, kemudian angin yang cukup kencang membawa percikan droplet ini ke orang lain sehingga dihirup dan tetular.

TINDAKAN PENCEGAHAN (PREVENTIF)

  1. Hindari kontak fisik.
  2. Gunakan masker ketika keluar rumah atau kemana saja, dan berbicara dengan orang lain.
  3. Cucilah tangan dengan sabun/antiseptik di air mengalir setelah memegang suatu benda.
  4. Jauhi kerumunan (social distancing).
  5. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) setiap hari.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan.
  7. Menjaga kebersihan diri (personal hygiene).
  8. Mengonsumsi makanan bergizi.
  9. Rajin berolahraga dengan olahraga-olahraga ringan di lingkungan rumah

Dari edukasi yang diberikan diatas, kita telah mengetahui cara atau metode apa saja yang bisa menularkan coronavirus ini, sehingga kita harus selalu siaga dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar kita selalu terhindar dari resiko penularan virus corona. Selain itu, selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita selalu dalam lindungannya agar tehirndar dari segala penyakit, selalu sehat dan produktif.
Baca juga: Mengenal virus corona

 
"Sekian dari saya, dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua"